Random Template

Home » » MAKALAH MENGENAL ALAM SEMESTA

MAKALAH MENGENAL ALAM SEMESTA


MAKALAH
MENGENAL ALAM SEMESTA
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliyah Ilmu Alamiah Dasar
Dosen Pengampu Bapak Muhlisin, M.Se








Disusun Oleh Kelompok III :
1.                  Abu Sairi                    NIM : 212418
2.                  Khoirotuzzaqiyah     NIM : 212424
3.                  Maslikhun                  NIM : 212426
4.                  Muhammad Hisyam NIM : 212428
5.                  Ulfah Hidayati           NIM : 212440
 

INSTITUT ISLAM NAHDLATUL ULAMA’ (INISNU) JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH
TAHUN AKADEMIK 2012 / 2013


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Puji Syukur kami sanjungkan  kepada Allah Yang Maha Kuas, atas hidayah dan inayah-Nya, sehingga kami dan kelompok III dapat menyelesaikan Makalah ini dengan judul “Mengenal Alam Semesta”.
Sholawat beserta salam tak lupa kami sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukkan kita dari zaman jahiliyyah menuju zaman islamiyyah..
Makalah yang insya Allah akan kami bahas pada pertemuan kali ini berjudul “Mengenal Alam Semesta”, dengan segala kekuatan dan keterbatasan kami. Alhamdulillah dapat terselesaikan meskipun banyak kendala-kendala yang kami hadapi.
Kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami dan kelompok III membuka kesempatan yang selebar-lebarnya kepada pembaca sekalian, untuk dapat memberikan kritik dan saran demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, khususnya demi penambahan ilmu serta wawasan kita dalam ilmu alamiah dasar. Amin

Jepara, 28 November 2012

Penyusun








DAFTAR ISI

Halaman judul
Kata Pengantar........................................................................................ i
Daftar Isi................................................................................................. ii
Bab I Pendahuluan.................................................................................. 1
A.    Latar Belakang........................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah.................................................................... 1
C.     Tujuan...................................................................................... 1
D.    Manfa’at.................................................................................. 1
Bab II Pembahasan................................................................................. 2
A.    Pengertian Alam Semesta Dan Tata Surya.............................. 2
B.     Keberadaan planet bumi dalam tata surya............................... 5
C.     Pandangan Islam Tentang Tata Surya..................................... 5
D.    Benda-Benda Langit Yang Ada Di Tata Surya...................... 6
E.     Karakteristik Dari Matahari..................................................... 8
F.      Keistimewaan Planet Bumi Dengan Planet Lain..................... 9
Bab III Kesimpulan Dan Saran............................................................... 11
A.    Kesimpulan.............................................................................. 11
B.     Saran........................................................................................ 11
Bab IV Penutup...................................................................................... 12
Daftar Pustaka........................................................................................ 13











BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang
Alam semesta merupakan ciptaan Allah yang Maha Kuasa, dan alam semesta merupakan suatu bukti dari kekuasaan Allah, dialam semesta ini terdapat berbagai mahluk, baik itu mahluk hidup maupun mahluk mati.
Dan bumi merupakan planet yang dipaling istimewa dari planet yang lainnya, karena bumi itu berbeda dangan  matahari, bulan dan benda-benda langit lainnya.
B.                 Rumusan masalah
Dari uraian latar belakang diatas, kami menemukan beberapa rumusan masalah diatas, diantaranya yaitu:
1.      Apa itu alam semesta dan tata surya?
2.      Dalam Tata surya,  Bumi Itu Ada Dimana?
3.      Bagaimana Pandangan Islam Tentang Tata Surya?
4.      Benda-Benda Langit Yang Ada Di Tata Surya Itu Apa Saja?
5.      Apa Karakteristik Dari Matahari?
6.      Mengapa Bumi Dikarekteriskan Sebagai Planet Yang Istimewa?

C.                Tujuan Makalah
1.      Digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliyah Ilmu Alamiah Dasar.
2.      Untuk membahas tentang Mengenal Alam Semesta.

D.                 Manfaat
Dalam pembahasan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam memperkaya kajian ilmu Alamiah Dasar mengenai Mengenal Alam Semesta serta menambahi wawasan didalam mata kuliyah Ilmu Alamiah Dasar.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Alam Semesta Dan Tata Surya
Menurut orang Babylonia (kurang lebih 700-600 SM), Alam semesta, merupakan suatu ruangan atau selungkup dengan bumi yang datar sebagai lantainya dan langit beserta bintang sebagai atapnya. Jadi, alam semesta atau jagat raya adalah suatu ruangan yang maha besar yang di dalamnya terdapat kehidupan yang biotik dan abiotik, serta di dalamnya terjadi segala peristiwa alam baik yang dapat diungkapkan manusia maupun yang tidak.
 Ada juga pendapat lain yang berpendapat bahwa, alam merupakan segala Sesuatu selain Allah yang sifatnya baru, membutuhkan yang lain, yang dapat berubah dan bisa rusak.
 Alam semesta itu terdiri atas semua materi, termasuk juga tenaga dan radiasi serta hal yang telah diketahui dan baru dalam tahap percaya bahwa pasti ada di antariksa. Bumi, planet-planet dan matahari yang termasuk dalam tata surya hanyalah merupakan titik kecil di antara lebih dari 200 miliyar bintang penyusun galaksi bimasakti. Matahari merupakan satu di antara bermiliyar-miliyar bintang di alam semesta dan kemungkinan setiap bintang mempunyai susunan tata surya seperti tata surya matahari. Perhitungan sampai ke angka 200 miliyar bintang baru untuk sebuah galaksi.
 Pengertian alam semesta itu sendiri mencakup tentang Mikrokosmos dan Makrokosmos. Mikrokosmos ialah benda-benda yang memiliki ukuran yang sangat kecil, misalnya elektron, amoeba, sel, atom, dan sebagainya.Sedangkan makrokosmos ialah benda-benda yang memiliki ukuran yang sangat besar, misalnya bintang, planet ataupun galaksi. 
Para ahli astronomi menggunakan istilah alam semesta dalam pengertian tentang ruang angkasa dan benda-benda langit yang ada didalamnya.

Sedangkan pengertian tata surya  adalah : “kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, limaplanet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.
Tata Surya itu juga terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu : Matahari, empat planet bagian dalam,sabuk asteroid, empat planet bagian luar, dan di bagian terluar adalah Sabuk Kuiper dan piringan tersebar. Awan Oort diperkirakan terletak di daerah terjauh yang berjarak sekitar seribu kali di luar bagian yang terluar. .
Pada zaman yunani kuno, orang-orang yunani mengenal lima planet yang dilakukan dengan cara pengamatan secara kasar, planet tersebut yaitu: Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dengan bumi sebagai pusatnya, namun ketika pada abad ke-16 Nicolas Copernicus ( ilmuwan Polandia ) telah berhasil mengubah pandangan salah yang dianut selama berabad-abd tersebut, menurutnya bumi ialah planet, sama halnya seperti planet lain, bumi beredar mengelilingi matahari sebagai pusatnya ( heliosentris ), cara pandangan tersebut didasari atas perhitungan yang sistematis yakni berkat bantuan teropong sebagai alat pengamat dan dengan berkembangnya matematika dan fisika sebagai sarana penunjang sehingga dapat mengamati planet-planet lainnya termasuk planet Pluto sebagai planet terjauh. Untuk melihat tata surya coba lihat lihat gambar 1 dibawah ini.

  


Gambar 1. Gambar tata suyra
Planet-planet dapat dikelompokan menjadi dua, yakni planet dalam dan planet luar. Planet dalam yaitu planet yang dekat dengan matahari, yakni : merkurius, venus, bumi dan mars. Planet Luar yakni terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, neptunus dan Pluto. Planet dalam umumnya lebih kecil dari [lanet luar, namun mempunyai massa jenis yang lebih besar.Untuk melihat gambar dari Planet dalam coba lihat lihat gambar 2.



Gambar 2. Gambar dari Planet dalam (  merkurius, venus, bumi dan mars )                                         
Untuk melihat gambar dari Planet luar coba lihat lihat gambar 3
 






Gambar 3. Gambar dari Planet Luar (Jupiter, Saturnus, Uranus, neptunus dan Pluto ).
Peredaran planet mengelilingi matahri disebut gerak revolusi. Disamping itu planet-planet beredar mengelilingi sumbunya disebut gerak rotasi yang menyebabkan timbulnya peredaran siang dan malam. Gerak revolusi dan gerak rotasi searah jarum jam yakni dari timur ke barat. Waktu untuk satu putaran revolusi disebut kala revolusi yakni 365 ¼ hari dan waktu satu putaran rotasi disebut kala rotasi yakni 24 jam.

B.     Keberadaan planet bumi dalam tata surya
Keberadaan bumi dalam tata surya itu ternyata ada di  kelompok Planet dalam yaitu planet yang dekat dengan matahari, yakni : merkurius, venus, bumi dan mars, dan planet bumi itu terletak diantara planet venus dan mars.

C.    Pandangan Islam Tentang Tata Surya
Sebelum abad 20, para ilmuwan menyatakan matahari tidak bergerak atau diam di tempat. Sedangkan gerakan dari timur ke barat hanya gerakan lahiriah saja. Awal abad 20, ilmuwan astronomi menemukan bahwa matahari memiliki gerakan yang hakiki di ruang angkasa dengan ukuran dan arah tertentu. Tetapi, abad ke-7 Masehi atau 1200 tahun sebelumnya, AL-Qur’an telah menyatakan pada QS Yaasiin ayat 38:
وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ
Artinya : dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
Ahli astronomi abad 20 menjelaskan bahwa matahari dikelilingi sekumpulan benda angkasa yang terdiri dari planet, bulan, dan komet, yang selalu mengikuti matahri dan tunduk mengikuti kekuatan gravitasi matahari. Setiap benda memiliki garis edar, bergerak teratur, dengan arah dan kecepatan tertentu. Ini sesuai firmanNya dalam QS: Yaasiin ayat 39-40:
وَالْقَمَرَ قَدَّرْنَاهُ مَنَازِلَ حَتَّى عَادَ كَالْعُرْجُونِ الْقَدِيمِ (39) لَا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
Artinya :Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk TANDAN yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.( QS: Yaasiin ayat 39-40)
Dan tata surya merupakan kumpulan dari benda benda langit seperti matahari dan lainnya , dan matahari dalam tata surya itu yang menjadi pusat dalam tata surya , dan hal tersebut telah disinggung di alQur’an surat An Naml ayat 88,
وَتَرَى الْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِيَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ صُنْعَ اللَّهِ الَّذِي أَتْقَنَ كُلَّ شَيْءٍ إِنَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَفْعَلُونَ
Artinya: “Dan kamu lihat gunung-gunung itu kamu sangka dia tetap ditempatnya, padahal ia berjalan seperti jalannya awan, (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS.An Naml/88)
Dan sungguh luar biasa tentang agama islam yang mempunyai kitab Alqur’an yang merupakan sumber dari segala ilmu termasuk ilmu astronomi dalam pengembangan mengenai tata surya, dan ini merupakan bukti tentang kebenaran Alqur’an itu dari Allah yang maha kuasa di jagat raya dan semuanya.
D.    Benda-Benda Langit Yang Ada Di Tata Surya
Tata Surya terdiri dari sebuah bintang yang disebut Matahari (dalam sistem tatasurya kita) dan semua objek yang mengelilinginya. Dalam tata surya kita, objek yang mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya itu adalah planet bersama satelitnya yang mengorbit secara elips, meteor, komet, asteroid, dan planet-planet kecil / katai. Dan inilah benda-benda langit yang ada di tata surya: 
1.      Matahari. Matahari merupakan bintang yang terdekat dengan bumi dan menjadi pusat dari tata surya dengan jarak rata-rata dengan bumi sekitar 150 juta km. Lain halnya dengan bumi, zat penyusun utama dari matahari adalah gas yang memiliki suhu permukaan sekitar 6.000 ºC, sedangkan pada bagian inti matahari mempunyai suhu 15.000.000 ºC. Kala rotasi matahari adalah 25,04 hari dan gravitasinya sangatlah besar, sekitar 27,9 kali gravitasi bumi dengan massa 333.000 kali massa bumi.
2.      Planet. Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang (matahari). Dalam tata surya kita, didasarkan pada bumi sebagai pembatas, planet dibedakan menjadi 2, yaitu : 1). Planet Inferor: yaitu planet yang orbitnya berada didalam orbit bumi mengelilingi matahari (Merkurius, Venus) 2). Superior: yaitu planet yang orbitnya berada diluar orbit bumi mengelilingi matahari (Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, **Pluto)
3.      Asteroid. Asteroid adalah benda langit kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya. Asteroid adalah contoh dari sebuah planet kecil akan tetapi masih jauh lebih kecil dari sebuah planet. Asteroid ini berada dalam sebuah sabuk antara planet Mars dan Jupiter dan disebut sebagai sabuk Asteroid. Selama 200 tahun, Ceres masih merupakan asteroid terbesar sebelum ditemukannya asteroid yang lebih besar pada 23 Agustus 2001dan terlihat atau diamati oleh manusia berada didekat orbit Pluto. Nama dari asteroid ini adalah KX 76.
4.      Komet. Komet adalah benda luar angkasa dalam tata surya yang mirip dengan asteroid, akan tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas dan debu yang membeku.
Komet memiliki orbit terhadap matahari dengan lintasan elips, namun lebih lonjong dari orbit planet. Ketika Lintasan komet ini mendekati bagian dalam tata surya, ia memiliki ciri khusus yang dapat dilihat dengan kasat mata apa bila jarak komet ini dengan bumi cukup dekat dalam lintasannya, yaitu ekor komet. Ekor komet terbentuk dari menguapnya lapisan es dan debu terluar dari komet tersebut karena radiasi dari matahari. Arus debu dan gas yang dihasilkan dari radiasi ini membentuk suatu lapisan atmosfer tipis disekeliling komet tersebut (Coma) dan akibat tekana radiasi dan angin matahari pada coma ini, maka terbentuklah ekor raksasa yang selalu menjauhi matahari. Komet bergerak mengelilingi matahari berkali-kali, tetapi peredarannya memakan waktu yang sangat lama. Komet yang terkenal dan dapat dilihat secara kasat mata ketika orbitnya mendekati matahari adalah komet Halley, yang mengorbit matahari setiap 76 tahun sekali.
5.      Meteor, Meteorid, dan Meteoroid. Meteor adalah Asteroid yang masuk kedalam atmosfer bumi dan menjadi panas dan berpijar karena gesekan dengan atmosfer bumi. Orang biasa menyebut benda ini sebagai bintang jatuh. Meteorid adalah sisa-sisa meteor yang dapat mencapai permukaan bumi. Sedangkan Meteoroid adalah batuan dalam ruang antar planet yang berukuran kecil hingga sedang (sebesar gerbong kereta api).

E.     Karakteristik Dari Matahari
Bentuk dari Matahari itu seperti bola yang berpijar dengan senyawa penyusun utama yang berupa gas hidrogen (74%) dan helium (25%) terionisasi. Dan Senyawa penyusun lainnya terdiri dari nikelbesi, kalsium , sulfurmagnesiumkarbon, neon, silikon , dan kromium. Cahaya Matahari berasal dari hasil reaksi fusi hidrogen menjadi helium.
Berdasarkan hasil dari penghitungan yang menggunakan Hukum Newton dengan melibatkan nilai kecepatan orbit Bumi, jarak Matahari, dan gaya gravitasi,  maka diperoleh massa Matahari sebesar 1,989x1030 kilogram. Angka tersebut sama dengan 333.000 kali massa Bumi.  Sementara itu, diameter Matahari adalah 1.392.000 kilometer atau 865.000 mil, sama dengan 109 kali diameter Bumi. Sebagai perbandingan, sebanyak 1,3 juta planet seukuran Bumi dapat masuk ke dalam Matahari. Oleh sebab itu, Matahari dijadikan obyek terbesar di tata surya dengan massa mencapai 99,85% dari total massa tata surya.
Matahari merupakan bintang yang paling dekat dengan Bumi, yaitu berjarak rata-rata 149.600.000 kilometer (92,96 juta mil). Jarak Matahari ke Bumi ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 150 juta km.
Berdasarkan penghitungan dengan metode analisis radioaktif, diketahui bahwa batuan bulanmeteorit dan batuan Bumi tertua yang pernah ditemukan berusia sekitar 4,6 miliar tahun. Sementara itu, kalau sampel batuan Matahari belum pernah didapatkan sehingga penghitungan dilakukan secara matematika menggunakan model interior Matahari. Berdasarkan hasil penghitungan matematika adalah Matahari diperkirakan berusia 5 ± 1,5 miliar tahun. Namun, oleh karena tata surya diketahui terbentuk sebagai satu kesatuan dalam waktu yang berdekatan maka kini secara umum Matahari dianggap berusia 4,6 miliar tahun. Matahari tergolong bintang tipe G V, dengan ciri memiliki suhu permukaan sekitar 6.000 K dan umumnya bertahan selama 10 miliar tahun. Matahari diperkirakan berusia sekitar 7 miliar tahun lagi, sebelum hidrogen di intinya habis. Bila hal tersebut terjadi, Matahari akan berekspansi menjadi bintang raksasa berwarna merah yang dingin dan 'memakan' planet-planet kecil di sekitarnya (mungkin termasuk Bumi) sebelum akhirnya kembali menjadi bintang kerdil berwarna putih kembali.
Gaya gravitasi di Matahari sebanding dengan 28 kali gravitasi di Bumi. Secara teori hal tersebut berarti bila seseorang memiliki berat 100 kg di Bumi maka bila berjalan di permukaan Matahari beratnya akan terasa seperti 2.800 kg. Gravitasi Matahari memungkinkannya menarik semua komponen-komponen penyusunnya membentuk suatu bentuk bola sempurna. Gravitasi Matahari jugalah yang menahan planet-planet yang mengelilinginya tetap berada pada orbit masing-masing. Pengaruh dari gravitasi Matahari masih dapat terasa hingga jarak 2 tahun cahaya.

F.     Keistimewaan Planet Bumi Dengan Planet Lain
Planet bumi adalah planet yang dipersiapkan oleh Allah sebagai planet untuk di huni untuk manusia, dan berikut ini adalah keistimewaan palnet bumi dari planet yang lain:
1.      Bumi memiliki inti planet , dengan adanya inti planet maka bumi akan menghasilkan medan magnet yang disebut geomagnetik. Geomagnetik inilah yang melindungi Bumi dari angin Matahari. Angin Matahari , ternyata mengandung partikel-partikel berenergi tinggi yang sanggup dalam hitungan detik memutasi sel-sel kulit kita sehingga menjadi kanker kulit.
2.      Bumi memiliki lapisan padat – cair – padat. Kulit planet bumi bagian terluar itu padat, inti padat, namun di antara keduanya terdapat lautan magma. Yang mana manusia itu  hidup di atas daratan yang mengapung. Dan juga lautan ini terus bergerak, yang bisa mengakibatkan bentuk kulit Bumi juga bergerak, yang disebut dengan gerak lempeng tektonik. Gerakan inilah yang membuat wajah Bumi selalu berubah dari waktu ke waktu. Susunan benua yang kita lihat sekarang tidak sama dengan susunan benua jutaan tahun silam. Gerakan tersebutlah yang  memancing aktivitas vulkanis sehingga lahirlah gunung-gunung berapi. Dari gunung-gunung ini, tekanan panas dari perut Bumi dapat disalurkan keluar sehingga Bumi senantiasa stabil. Cobab bayangkan planet Mars, hanya memiliki satu buah Gunung Api yang tingginya 2,5 kali puncak Everest! Gunung tertinggi di Tata Surya kita.
3.      Bumi memiliki sumbu putarnya miring 23,5 derajat. Kemiringan 23,5 derajat itu bisa memberikan empat musim pada Bumi, dan juga bisa memungkinkan iklim yang sangat cocok untuk kehidupan.
4.      Bumi memiliki atmosfer yang kaya akan oksigen. Planet Venus juga memiliki atmosfer yang tebal, akan tetapi terdiri dari gas karbon dan sulfur. Dua gas ini memantulkan cahaya Matahari dengan warna yang terang dan indah, akan tetapi memiliki sifat racun yang kuat ketika terhirup makhluk hidup. Atmosfer Bumi juga bisa menghamburkan cahaya Matahari yang datang ke Bumi. Membuat siang hari terang-benderang. Jika kita tinggal di planet lain, baik siang dan malam selalu gelap… Kita melihat Matahari sebagai sebuah bola kecil yang terang. Seperti kita melihat sebuah lampu di tengah hutan, cahayanya tidak menerangi diri kita.
Dan itu lah salah satu keistimewaan dari planet bumi yang merupakan tanda bahwa Allah telah mempersiapkan sebaik-baik tempat untuk Nabi Adam beserta anak cucunya. Kelak, anak dan cucu Adam mengambil manfaat dari Bumi ini.


BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Dari kesimpulan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa:
1.      Alam semesta alam semesta mencakup tentang Mikrokosmos dan Makrokosmos.
2.      pengertian tata surya  adalah : “kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.
3.      Keberadaan bumi dalam tata surya itu ada di  kelompok Planet dalam yaitu planet yang dekat dengan mataharidan planet bumi itu terletak diantara planet venus dan mars.
4.      Pandangan islam tentang tata surya ternyata telah terpaparkan dalam kitab suci Al-Qur’an.
5.      Benda-Benda Langit Yang Ada Di Tata Surya diantaranya yaitu : Matahari, Planet, Asteroid, Komet, Meteor, Meteorid, dan Meteoroid dan lain-lain.
6.      Karekteristik Matahari merupakan bintang yang terdekat, Gaya gravitasi di Matahari sebanding dengan 28 kali gravitasi di Bumi.
7.       Keistimewaan planet bumi diantaranya: Bumi memiliki inti planet, Bumi memiliki lapisan padat – cair – padat. Bumi memiliki sumbu putarnya miring 23,5 derajat.Bumi memiliki atmosfer yang kaya akan oksigen.

B.     Saran
Sebagai seorang penganut agama Islam, maka kita harus mencari pengetahuan tentang mahluk ciptaan Allah, agar kita bisa tahu tentang kebesaran dan kekuasaan Allah yang tiada taranya. Oleh karena itu giatlah kalian semua dalam mendalami ilmu alamiah dasar, dan jangan lupa aplikasikan ilmu tersebut dengan alqur’an, karena alqur’an adalah sumber  dari segala ilmu.

BAB IV
PENUTUP

Segala puji bagi Allah dan sholawat serta salam untuk Nabi Muhammad SAW, demikianlah makalah ini kami buat. Kami menyadari bahwa makalah ini banyak kekurangan dan banyak kesalahan dan masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu kritik dan saran dari para pembaca akan selalu kami harapkan demi tercapainya kesempurnaan makalah ini dan dan dari kami minta maaf yang sebesar-besarnya, semoga makalah ini dapat permanfaat bagi kita semua dan mendapatkan Ridho dari Allah, Amin.
Dan tak lupa kami sampaikan ucapan banyak terimakasih kepada:
1.      Bapak Muhlisin, M.Se. selaku dosen mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar di INISNU jepara yang telah memberikan tugas makalah ini.
2.      Semua anggota kelompok III, terimakasih atas kerjasamanya.
3.      Dan semua Pihak-pihak yang tidak dapat Penulis sebutkan satu persatu yang telah turut membantu sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dalam waktu yang tepat. 














DAFTAR PUSTAKA

Ø  Al-qur’an
Ø  http://diary.febdian.net/2010/05/08/sejumlah-keistimewaan-bumi/  didownload pada tanggal 02/12/2012 pukul 22:36:05
Ø  http://id.wikipedia.org/wiki/Matahari  didownload pada tanggal 02/12/2012  jam 21:43:32
Ø  http://penjagahati-zone.blogspot.com/2011/03/karakteristik-matahari.html didownload pada tanggal 25/11/2012 pukul 17:37:49
Ø  http://santriuniversitas.blogspot.com/2010/11/pengertian-alam-semesta.html didownload pada tanggal02/12/2012  pukul 23:02:44





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dapur Tutorial Blogspot

1 komentar:

muhammad hisyam mengatakan...

fsdfsdfsfsdfsfsfsd

Poskan Komentar

 
© 2010-2012 BISMILLAH